. Kelebihan dan Kekurangan itel A70, HP Murah Yang Menawan - IME Android -->

Kelebihan dan Kekurangan itel A70, HP Murah Yang Menawan

Konten [Tampil]

Ponsel pintar itel A70 telah menjadi salah satu pilihan yang menarik di pasar smartphone yang penuh persaingan. Dikembangkan oleh itel Mobile, perangkat ini membidik segmen pengguna dengan anggaran terbatas yang mencari alternatif yang terjangkau namun tetap berfokus pada fungsi dasar ponsel pintar. Dengan kombinasi fitur yang menarik dan harga yang bersahabat, itel A70 telah menarik perhatian banyak konsumen.

Namun demikian, seperti halnya perangkat lainnya, itel A70 juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum pengguna membuat keputusan pembelian. Melalui analisis mendalam terhadap aspek positif dan negatif dari ponsel ini, kita dapat menggali lebih dalam mengenai bagaimana ponsel ini dapat memenuhi kebutuhan pengguna serta mengidentifikasi area-area di mana ponsel ini mungkin memiliki keterbatasan.

Spesifikasi iTel A70

Jaringan: 4G/3G/2G

Layar: IPS 6,6 inci, 720x1612 piksel, 267 ppi, 500 nits, 60hz

Chipset: Unisoc T603

CPU: Octa-core 4x1.8 GHz (Cortex-A55) + 4x1.2 GHz (Cortex-A55)

GPU: PowerVR GE8322

RAM: 3 GB, 4 GB

Memori internal: 128 GB

Memori eksternal: MicroSD

Sistem operasi: Android 13, Itel OS 13

Kamera belakang: 13 MP + 0.3 MP depth sensor

Kamera selfie: 8 MP

WLAN: WiFi 5, a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot

Bluetooth: 5.0, LE, A2DP

GPS: ada

NFC: tidak ada

USB: Type-C 2.0

Jack 3.5 mm: ada

FM Radio: ada

sensor: Accelerometer, Proximity, fingerprint

Baterai: 5.000 mAh

Warna: Blue, Gold, Black, Green

Kelebihan itel A70

1. Desain Keren

Sama seperti ponsel-ponsel buatan itel pada umumnya, itel A70 juga meluncur dengan bodi yang terlihat cukup mirip dengan iPhone. Perangkat tersebut bahkan tak hanya membawa bingkai dengan sisi datar tetapi juga desain kamera yang serupa.

Perusahaan itel secara khusus menyebut desain bodi perangkat tersebut dengan Futuristic Next-Gen Desain. Terdapat empat pilihan warna yang bisa dipertimbangkan di mana meliputi Starlish Black, Brilliant Gold, Field Green, dan Azure Blue.

2. Layar Lebar

   

Untuk kelas harganya, layar yang ditawarkan sudah menarik, yakni layar 6,6 inci dengan resolusi 1612 x 720 piksel. Layarnya punya kerapatan 267 ppi dengan tingkat kecerahan 500 nit.

Memang tingkat kecerahan 500 nit bukan sesuatu yang oke. Namun, harus dimengerti untuk kelas harganya, tentu mendapat layar 500 nit ini sudah menarik. Pengguna yang memakai HP ini harus berkompromi saja dengan tidak menghadapkan layar itel A70 langsung terkena cahaya yang menyilaukan.

Tentu juga tidak berharap panel yang dipakai di HP ini adalah AMOLED. Penggunaan panel IPS saja patut diapresiasi. Ini lebih baik jika dibandingkan dengan HP yang masih menawarkan panel PLS TFT. Sementara pada kemampuannya dalam respons sentuhan dan kemulusan pergeseran layar, itel A70 hadir dengan refresh rate 60 Hz standar dengan touch sampling rate 120 Hz.

Bagian depan smartphone itel ini menyajikan desain poni tetesan air (waterdrop notch) sebagai rumah bagi kamera depan. Desainnya mirip dengan itel A60s. Hanya saja, itel menyematkan fitur Dynamic Bar.

Apa itu Dynamic Bar? Sederhananya, fitur ini mirip dengan Dynamic Island di seri iPhone 15. Fitur ini memungkinkan desain poni kamera depan melebar menjadi sebuah notifikasi telepon masuk, status pengisian daya, serta status baterai.

3. Memori Besar

Di Indonesia, itel tawarkan varian RAM 3 GB dan RAM 4 GB. Di beberapa toko online, varian RAM 3 GB dijual di harga di bawah Rp1 juta atau di Rp800 ribuan. Sementara RAM 4 GB ada di Rp1 juta. Hanya saja karena HP ini menyita perhatian, harganya jadi naik. Varian RAM 3 GB jadi Rp999 ribu dan RAM 4 GB ada di Rp1,1 juta.

Bagi kamu yang belum tahu, itel A70 mempunyai opsi RAM yang bisa dipilih antara 3GB atau 4GB di mana keduanya sama-sama mendukung fitur Extended RAM. Media penyimpanan yang digunakan oleh itel A70 juga termasuk paling besar di antara ponsel-ponsel dengan harga kurang dari Rp1 juta. Perangkat tersebut soalnya sudah dilengkapi dengan kapasitas hingga 128GB yang notabene bisa diperluas memakai Micro SD hingga 2TB jika masih kurang.

4. Baterai Jumbo

Harga yang super murah tidak lantas mencegah itel dalam memberikan kapasitas baterai yang unggul. Di balik cangkang bodi ponsel, tersemat sebuah baterai berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas baterainya memang cenderung umum.

Normalnya dengan kapasitas daya yang besar, kita bisa menggunakan perangkat tanpa takut baterainya akan cepat habis. Kita bahkan dapat memakai ponsel tersebut seharian penuh jika hanya untuk mengerjakan berbagai macam aktivitas kasual.

5. Sistem Kamera Keren

Dengan banderol harga kurang dari Rp1 juta, konfigurasi kamera dari itel A70 juga terbilang sangat menarik. Lensa depan maupun belakangan yang disematkan itel ke perangkat tersebut lumayan tinggi jika mengacu ponsel-ponsel sekelasnya.

Kamera belakang dari ponsel tersebut sudah menggunakan lensa beresolusi 13MP yang dikombinasikan bersama sensor kedalaman 0,3MP sebagai penunjangnya. Sementara untuk kamera depan, itel A70 memakai lensa hingga 8MP.

Konfigurasi kamera utama maupun depan milik itel A70 ini bisa dibilang sudah sangat cukup untuk kebutuhan-kebutuhan ringan seperti mengambil foto atau video konten media sosial. Bahkan sudah lumayan jika hanya sekadar untuk mengabadikan momen penting atau konferensi video.

6. Performa Kenceng

itel A70 dibekali dengan cip UNISOC T603. Cip ini dibangun dengan proses fabrikasi 12 nm. UNISOC T603 sendiri merupakan cip yang punya delapan inti inti prosesor di dalamnya. Kedelapan core tersebut terdiri dari empat core ARM Cortex-A55 1,8 GHz dan empat core Cortex-A55 1,2 GHz. Tidak ada core Cortex A7 yang biasanya digunakan sebagai core performa.

Untuk performa UNISOC T603, bisa dikatakan performanya setara dengan cip seperti Snapdragon 439 atau MediaTek Helio G37. Penggunaan UNISOC T603 di itel A70 juga sebenarnya patut diapresiasi. Mengingat di itel A60s, cip yang dipakai adalah Unisoc SC9832A yang secara performa lebih lemah dan boros daya.

Karena tidak memiliki core Cortex A7, performa UNISOC T603 di itel A70 tentu cenderung biasa. Jangan berharap untuk bermain gim berat dengan nyaman ketika memakai HP ini. Seperti kata kanal Youtube Udi Shoots, performa itel A70 tergolong oke untuk main gim dengan grafis rendah.

7. Fitur Lengkap

Meskipun hadir sebagai kelas entri, itel A70 menariknya menawarkan fitur dan dukungan yang lengkap. Perangkat tersebut bahkan membawa beberapa hal yang masih jarang digunakan oleh ponsel-ponsel di rentang harga kurang dari Rp1 juta.

Hadirnya fitur pemindai sidik jari menjadi salah satu yang patut diapresiasi. itel A70 apalagi sudah menggunakan desain kekinian di mana menempatkannya bersama tombol Power padahal ada banyak ponsel dengan harga lebih mahal belum mendukungnya.

Perangkat yang dibanderol sangat murah tersebut juga sudah dilengkapi dengan antarmuka pengisi daya dan transfer data mutakhir. Alih-alih memakai soket Micro USB seperti kebanyakan ponsel di kelasnya, itel A70 sudah memakai USB Type-C yang mana minimal bisa membuat kita memasang kabel tanpa khawatir akan terbalik.

Di samping itu, itel A70 juga masih mengusung lubang jack audio 3,5mm selain menyediakan slot kartu media eksternal. Jadi kita bisa menggunakan headset atau headphone kabel yang kita miliki untuk bermain game, mendengarkan musik, atau menonton video.

Kekurangan itel A70

Sebagai HP murah, tentu saja ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian ketika beli itel A70. Atau bisa dikatakan kekurangan dari HP ini. Apa sajakah kekurangan HP ini? Simak berikut ini.

1. Tidak Ada Fitur Kecerahan Otomatis

itel A70 juga belum mendukung fitur kecerahan otomatis. Jadi kita perlu berulang kali mengaturnya secara manual untuk mendapatkan tampilan gambar yang pas sesuai dengan kondisi cahaya sekitar. Tentu bisa sangat merepotkan jika kita berpindah-pindah tempat dengan pencahayaan yang berbeda-beda.

Jika fitur ini ada, biasanya HP akan bisa mengatur secara otomatis tingkat kecerahan layar saat ponsel ada di luar ruangan, di kondisi kurang cahaya, atau di malam hari. Kalau fitur ini ada, tentu HP bisa jadi lebih irit karena dia mengatur tampilan layar sesuai kebutuhan. Karena fitur ini tidak ada, pengguna itel A70 harus mengatur sendiri tingkat kecerahan layarnya.

2. Waktu Pengisian Daya Rendah

Salah satu yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli ponsel murah itel tersebut adalah bagian pengisian dayanya. Meskipun membawa baterai berkapasitas besar, itel A70 masih menggunakan teknologi standar dengan daya maksimal 10W.

Hal ini sebenarnya cukup wajar mengingat banderol harganya yang benar-benar sangat murah. Hanya saja dalam pemakaian sehari-hari, kita nantinya akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengisi baterai apalagi kapasitasnya harus sampai 5.000mAh.

3. Iklan Yang Banyak

itel A70 memang cukup oke untuk navigasi menu karena cip yang dipakai mumpuni, setidaknya buat harganya. Namun, itel A70 yang tawarkan itelOS 13 berbasis Android 13 ini disusupi iklan yang perlu diwaspadai. Kehadiran iklan tentu imbas dari harganya. Apakah iklannya cukup ganggu? Tentu tidak, biasanya iklannya sih hanya muncul untuk aplikasi bawaannya saja.

4. Jaminan Pembaruan Dipertanyakan

Jaminan pembaruan sistem untuk itel A70 yang mana mencakup peningkatan mayor maupun patch keamanan juga masih perlu dipertanyakan. Terlebih lagi jika kita memang memerlukan perangkat yang dapat digunakan dalam kurun waktu lama.

Kabar baiknya, perangkat baru tersebut sudah meluncur dengan antarmuka sistem itel OS 13 yang mana di dalamnya sudah menggunakan Android 13. Masih tergolong sangat baru karena pembaruan Android 14 sampai artikel diterbitkan pun belum didistribusikan secara merata oleh manufaktur.


Menilik spesifikasi yang ditawarkan, itel A70 cocok dipilih bagi mereka yang punya dana terbatas tetapi butuh HP mumpuni. Setidaknya, HP ini masih bisa diandalkan sebagai HP untuk kebutuhan dasar, setidaknya tidak dasar banget selayaknya HP dengan Android Go.

Karena menawarkan storage 128 GB, jelas itel A70 cocok buat mereka yang sangat ketat dengan dana dan butuh HP untuk kebutuhan chat, telepon, bahkan kamera. itel A70 juga tergolong cocok digunakan anak-anak untuk kebutuhan pelajar. Malah kameranya juga masih tergolong mumpuni.

Untuk multitasking penggunaan dasar, sebaiknya pilih varian RAM 4 GB karena varian RAM 3 GB rasanya sudah terlalu ketinggalan. Bagaimana untuk multimedia? Untuk nonton di ruangan sih oke, hanya saja kualitas suaranya cenderung biasa karena menawarkan mono speaker. Selebihnya, itel A70 adalah HP yang sangat layak beli untuk kelas harga terjangkau.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel